5 Jenis Behel Gigi Semarang, yang Perlu Diketahui

pasang behel gigi semarang

Tahukah Anda bahwa jenis behel gigi Semarang, ternyata beragam! Yang pasti masing masing jenis behel, akan digunakan untuk kondisi gigi pasien tertentu. Disini dokter gigi, akan menentukan jenis behel gigi seperti apa yang pas untuk digunakan.

  1. Behel gigi permanen

Jenis behel gigi yang pertama, yaitu behel gigi permanen. Terdiri atas kotak kotak yang akan direkatkan di setiap gigi, serta terhubung satu dengan yang lain, oleh kawat. Kawat tersebut digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi, juga untuk mencegah masalah gigi yang tidak rata, di kemudian hari.

Jenis behel yang satu ini mudah terlihat, karena terbuat dari bahan logam. Namun belakangan ada juga yang terbuat dari bahan keramik dan plastik tembus pandang, agar terlihat samar, walau yang pasti, harganya jadi lebih mahal.

  1. Behel gigi pasang – lepas

Adapun jenis behel gigi Semarang, yang kedua, yaitu behel gigi pasang – lepas. Bentuknya seperti penampang plastik, yang disematkan, pada beberapa gigi dan menutupi langit langit mulut.

Tujuan dari behel yang satu ini untuk mengoreksi masalah minor pada gigi, misalnya saja gigi bengkok, atau yang lainya. Jenis behel yang satu ini, biasanya akan dilepas, pada saat melakukan kegiatan tertentu, seperti ketika membersihkan mulut, atau juga ketika akan gosok gigi.  

  1. Behel gigi fungsional

Jenis yang ketiga ada behel gigi fungsional, berupa sepasang kawat gigi berbahan plastik pasang lepas, yang nantinya akan digunakan pada gigi atas dan bawah.

Tujuan dari penggunaan jenis behel yang satu ini, untuk menangani masalah posisi rahang, baik posisi rahang atas, bawah atau posisi rahang tidak sejajar, antara atas dan bawah.

Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, maka penggunaan behel yang satu ini akan digunakan sepanjang waktu. Namun bedanya jenis yang satu ini mudah dilepas ketika makan, atau bahkan ketika sedang dibersihkan.

  1. Headgear

Ini adalah pengait yang nantinya tersambung dari behel gigi, dan diletakkan di kepala. Tujuannya, untuk menarik posisi gigi depan. Ada saat menggunakan behel jenis ini, Pengguna umumnya tidak dapat makan atau minum, umumnya behel jenis ini hanya digunakan pada saat seseorang sedang tidur.  

  1. Retainer

Retainer, biasanya digunakan pada saat menjelang akhir perawatan di dokter gigi. Fungsinya untuk menstabilkan posisi gusi, gigi dan juga tulang. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pergeseran posisi gigi ke posisi semula.  

Selain itu masa ada 2 jenis behel gigi lainya yaitu behel lingual dan behel tembus pandang / Invisalign. Fungsinya, kurang lebih sama seperti behel permanen, namun dengan harga yang lebih mahal. Demikianlah beberapa informasi tentang jenis behel gigi Semarang, semoga menjadi informasi dan referensi, ketika Anda akan menggunakan behel gigi kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *