Tips Memilih Ice Machine Agar Tidak Rugi!

kumpulan es batu

Mungkin bagi sebagian orang, ice machine atau mesin pembuat es batu terdengar cukup asing. Mesin ini sanggup membuat es batu siap konsumsi dalam waktu yang singkat. Jika ingin membeli mesin es batu di bawah ini ada beberapa harus diperhatikan.

Tips memilih ice machine

Berikut ini tips dalam memilih mesin es batu agar tidak salah pilih:

  1. Daya Listrik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah daya listrik atau watt yang diperlukan. Setiap mesin memiliki daya listrik yang berbeda. Sesuaikan daya listrik mesin dengan kapasitas listrik yang ada di bisnis.

Sebagai catatan, pasokan listrik dari PLN dibawa dengan arus daya 50 Hz sehingga jika anda memilih mesin es dengan 60 Hz  maka risiko kerusakan akan lebih besar.

  1. Kapasitas mesin

Pertimbangan berikutnya adalah kapasitas mesin. Berapa jumlah es batu yang dihasilkan dalam satu tempo produksi, serta apa saja jenis es batu yang bisa diproduksi oleh mesin?

Dalam beberapa kasus, es yang membeku terlalu cepat cenderung berwarna putih dan mudah mencair. Sehingga tidak direkomendasikan untuk kegiatan komersial.

  1. Kecepatan pembekuan

Setiap mesin memiliki kecepatan pembekuan yang berbeda. Ada yang sanggup membekukan dalam hitungan menit, ada juga yang lebih lama. Jika anda bertujuan membeli mesin es untuk kegiatan bisnis, maka baiknya memilih mesin dengan kecepatan pembekuan tinggi.

  1. Sistem pembekuan

Setidaknya ada dua jenis sistem pembekuan di mesin es batu. Ada yang menggunakan kompresor dan ada juga yang memakai sistem mangkuk. Atau ada mesin es dengan sistem pembekuan lainnya.

Jika menggunakan kompresor maka cek kualitas dan merknya. Kondisi kompresor akan menentukan seberapa awet usia dan daya pakai dari mesin es batu.

  1. Garansi dan sparepart

Perhatikan juga garansi dari mesin, apakah pihak produsen sanggup memberikan garansi dalam kurun waktu yang lama. Pertimbangkan juga layanan setelah pembelian produk, apakah produk tersebut memiliki suku cadang yang mudah dibeli di pasaran.

Kedua hal tersebut tentu akan sangat membantu dikala mesin mengalami kerusakan.

  1. Fitur-fitur tambahan

Pertimbangkan fitur-fitur tambahan seperti fungsi pendinginan, pompa udara, alarm, pipa elektrik dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut akan memberikan Anda kemudahan dalam memproduksi es batu.

Misalnya fitur pendinginan awal akan memudahkan penjual es krim. Karena fitur ini membuat es krim tetap beku dan bisa bertahan meskipun melewati satu hari.

Mesin es batu adalah salah satu perangkat elektronik dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang-orang profesional sebelum membelinya. 

Anda tentu tidak ingin ice machine yang baru saja dibeli langsung mengalami kerusakan karena pemakaian yang tidak sesuai. Atau kualitas mesin tersebut yang memang tidak bagus. Selamat mencari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *