Spesifikasi Panel Surya Monocrystalline dan Satuan Ukurannya

solar panel

Seperti yang kita tahu bahwa teknologi listrik bukanlah teknologi yang sederhana. Untuk bisa menciptakannya, Anda harus belajar tentang berbagai hal mengenai listrik secara detail. Selain itu, teknologi listrik saat ini juga sudah semakin canggih dan mengalami pembaruan, salah satunya yaitu teknologi listrik yang menggunakan tenaga sinar matahari dengan menggunakan spesifikasi panel surya.

Sesuai dengan namanya, tenaga listrik ini tercipta dengan bantuan unsur alam yang paling besar, yakni matahari. Energi panas dan energi cahaya yang dihasilkan nantinya akan disalurkan dan diubah menjadi tenaga listrik.

Untuk bisa melakukan perubahan ini, Anda memerlukan spesifikasi panel surya yang bisa membantu proses perubahannya. Panel surya ini mempunyai beberapa jenis, yakni monokristalin, polikristalin, dan juga thin film solar cell.

Spesifikasi Panel Surya Monocrystalline

Adapun salah satu satu jenis panel surya yang mempunyai kualitas dan tingkat efisiensi yang paling tinggi yaitu monokristalin. Dimana spesifikasi panel surya yang satu ini menggunakan crystall silicon murni yang dibuat menjadi ingot. Lalu, diiris tipis-tipis untuk kemudian digunakan dalam proses perubahan daya listrik.

Monokristalin panel surya ini mempunyai efisiensi konversi cahaya sebanyak 15 persen dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan jenis panel surya lainnya, monokristalin ini juga mempunyai ciri khas, yakni mempunyai warna hitam dan berbentuk tipis.

Panel surya sendiri mempunyai satuan ukuran yang disebut dengan watt peak atau yang kerap disingkat menjadi WP. Terdapat beberapa jenis ukuran WP panel surya, antara lain:

  1. 10 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 10 watt
  2. 20 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 20 watt
  3. 50 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 50 watt
  4. 80 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 80 watt
  5. 100 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 100 watt
  6. 120 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 120 watt
  7. 240 WP: dapat menghasilkan daya puncak yaitu 240 watt

Demikian penjelasan mengenai spesifikasi panel surya monokristal dan satuan ukurannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *