Mengenal Sistem Panel Fotovoltaik, Cek Berikut Ini

panel fotovoltaik

Kehadiran dari panel fotovoltaik semakin banyak diminati oleh masyarakat baik untuk perumahan ataupun Gedung-gedung lainnya. Hal tersebut tidak lepas dari energi panas matahari yang cukup besar sehingga cukup menarik minat masyarakat.

Kehadiran dari energi inilah ternyata dapat langsung diubah menjadi listrik arus searah atau energi panas. Energi surya sendiri merupakan sumber energi terbarukan yang bersih, dengan jumlah berlimpah dan tidak akan pernah habis.

Apa Itu Panel Fotovoltaik?

Karena energi panas dari matahari tidak terbatas dan tidak akan pernah habis, maka digunakan untuk menyalakan satu bangunan atau bahkan skala industri sekaligus yakni melalui panel fotovoltaik tersebut. Lantas apa itu teknologi fotovoltaik tersebut?

Jadi ini merupakan sebuah sistem yang mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik seperti baterai mengubah energi kimia menjadi listrik ataupun mesin mobil yang mengubah energi kimia jadi mekanik dan lain sebagainya.

Sel SPV atau fotovoltaik inilah akan mengubah energi matahari menjadi energi listrik, kemudian listrik itulah dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Sebuah sel surya sendiri tidak bisa menghasilkan listrik menggunakan panas matahari.

Akan tetapi cahaya yang datang akan berinteraksi dengan bahan semikonduktor untuk bisa menghasilkan listrik.

Bagaimana Sistem Fotovoltaik Surya Menciptakan Aliran?

Sudah memahami bagaimana pengertian sekilas mengenai panel diatas bukan? lantas bagaimanakah sistem dari fotovoltaik ini mampu menciptakan alir tersebut. Biasanya energi harus disuplai untuk memindahkan elektron agar menjauh dari inti atom.

Elektron valensi yakni bagian yang berada di kulit terluar atom mempunyai tingkat energi paling tinggi dari elektron yang masih terikat dengan atom induknya. Energi tambahan nantinya juga diperlukan untuk melepaskan elektron dengan keseluruhan dari atom.

Dengan begitu elektron bebas mempunyai tingkat energi dimana jauh lebih tinggi dibandingkan dengan elektron valensinya. Teknologi satu ini pertama kali diciptakan oleh Charles Fritts pada 1880-an lalu dan masih digunakan hingga sekarang.

Kehadiran dari energi sinar matahari yang tidak ada habisnya, memang membuat banyak orang akhirnya memanfaatkan kehadiran teknologi fotovoltaik. Dengan panel fotovoltaik inilah ternyata mempunyai sejumlah kelebihan untuk pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *